BLOGGER TEMPLATES AND Tagged Layouts »

Senin, 24 Oktober 2011

AKU MALAS MENGAJI, BEGITU KATANYA !!!


Entahlah ,,,
Mungkin ini yang sering terdengar dalam hujatan keras ...
Yang  menjadi penghancur gendang telingaku ...
Hingga aku pun ,, tak bisa lagi mendengar rintihan baiknya ...

Pernah sesekali aku terhujat keras ...
Bukan sesekali tapi sering terdengar ketika aku berada disatu sudut yang terdiam ...
Di kamarku ...
Yah ,, dikamar yang sudah tercap karena keburukannya ...

Mereka yang berilmu ...
Mereka juga yang meremehkan ilmuku ...
Memang ,, aku tak pernah sesekalinya menginjak dataran kota santri ...
Sesekalipun ,, ini kali pertamannya aku berdiri di satu tempat yang tersebut “PESANTREN”

Tradisional dan Modern ...
Kitab kotemporer dan Kitab Klasik ...
Itu yang sering ku dengar ...
Tapi tetap saja aku tak mengerti apa maksudnya ...

Langkah pun mulai berpikir ... :

Hei ... !! !! !! Kamu seorang santri !! dulu mengidam-idamkan pesantren ,, sekarang sudah dikasih malah kau sia”kan !! (gentak pikiranku)

Kau keturunan anjeungan ,, kecuali kamu ,, !!! kamu hanya seorang anak yang lahir dari keturunan yang ilmu agamanya pas-pasan ,, ! tapi dibalik semua itu ,, kau memiliki keluarga yang mampu menanamkan iman dihatimu ,,, dan islam dalam pengabdianmu meskipun ilmumu masih kecil ,,, lebih kecil dari butiran pasir yang memang pantas untuk direndahkan oleh orang-orang yang besar ilmunya ....

Gentak mereka ... :

Di pesantren mah ngaji !!! Tara ngaji ya !!!
Males-malesan bae dikamar teh !!!
Tugas mah gampang dikerjain ,, yang penting mah ngaji !!!

Ahh !!! terlalu banyak hujatan yang diterima .. .. ..
Sering terdengar ...
Dan padahal mereka hanya tau ...
AKU MALAS MENGAJI ,,, BEGITU KATANYA !!! !!! !!!

Berpikir dan berpikir ...
Itu yang terus ku lakukan ...
Mencoba menulis agenda waktuku ...
Dan ternyata ,, perlahan mulai bisa ku hilangkan meski tak semuanya ...

!!! !!! !!! !!! !!! !!! !!!
Aku terdiam kaku ...
Entahlah ,, ternyata ilmuku tak hanya dipandang rendah di PESANTREN saja !!!
Tapi ,, mereka !!! mereka yang memandang keluarga pun juga ikut mengatakannya ...

Ma’lum lah ...
Itu yang ku sebut dan selalu tersebut untuk mengedepankan alasanku ...
Aku hanya sekolah di lingkungan bebas berbusana ...
Dan tak jarang dari mereka para akhwat yang menggelar auratnya ...

Statusku dulu hanya seorang siswa SD, SMP,SMA, dan Mahasiswa Swasta ...
Bukan MD, MTS, MA, ataupun lulusan Pesantren ...
Aku mengaji ya hanya mengaji saja ...
Ku baca IQRA dan setelahnya ku baca Al-Qur’an ,, hanya itu ...

Tak kenal huruf gundul ...
Tak kenal kitab-kitab ...
Tau shalat ya shalat ...
Tau ngaji ya ngaji ...

Hanya itu dan sekali kutegaskan hanya itu ... !!!

Gumamku ... :

Mereka yang bicara tentang hal itu kepadaku ...
Mungkin hanya mampu menggentak ... !!!
Menghujat keras !!!
Tanpa sekali pun mereka bertanya ...

“Karena sebab apa kau jarang mengaji ? Hanya muncul ketika yang mengajar adalah Pa Kyai ...
“Karena sebab apa kau jarang mengaji ? Hanya mengeluh meminta revolusi pada metode mengaji ...
“Ada sebabkah ? hingga kau bisa meninggalkan sunnah Pesantren yang kau putuskan dulu ,, ketika pertama kali kau ucap janji untuk tinggal di Pesantren ini ... ??? adakah ??? adakah ???

Mungkin dengan bertanya seperti itu ,,,
OK !!! Aku akan menjawab dan ini lah jawaban yang begitu ingin ku utarakan dihadapan kalian ...
Wahai yang berilmu ...
Tapi begitu mudah untuk merendahkanku ...

Kisahku mendobrak :

Niat pertama kali aku datang ke Pesantren adalah karena ini impianku ... Aku ingin bisa mengaji dan kelak semua ini ku jalani agar nanti bisa ku berikan ilmuku pada murid didikanku disana ... ditempatku ...

Mungkin memang, diawal aku MALAS ,, tapi taukah kalian ???
Malasku bukan karena aku tidak ingin mengaji !!! tapi aku bingung ... aku tidak mengerti apa yang ku pelajari dan guru terangi ...

Yang terlihat adalah ... huruf arab yang gundul ... !!! aku memahami tulisannya karena aku mengerti huruf hijaiyahnya ... namun setelah ku coba .. salah dan sangat salah ... karena ternyata ternyata tak sebutir pun aku menguasai Ilmu Nahwu dan Sorof untuk bisa membaca kitab gundul tersebut ... dan bahkan sesekalinya pun aku baru mendengar nama ilmu itu ... !!!

Tragis memang untuk manusia sepertiku .. tapi ku coba bangkit dan mulai sadar akan betapa pentingnya ilmu agama bagi kehidupanku !!! tidak ... bukan untuk ku saja ,,, tapi untuk semua manusia yang ku pikir mereka akan rugi jika hanya memahami ilmu dunia saja ... !!!

Disaat mengaji kitab gundul ... ku lihat teman-teman seperjuanganku bisa membacanya dan lebih-lebih bisa mengartikannya ...

Aku hanya tertunduk ,, dan menahan tangis yang ku pikir ,, aku CEMBURU akan ilmunya ...
Itu yang ku pikirkan !!! !!! aku cemburu dengan kalian hai yang berilmu ... ... yang terdidik dari sekolah-sekolah agama !!! yang terdidik dari pesantren-pesantren tradisional ,, modern ,, apapun lah yang menurutku kalian lebih beruntung daripada aku ,,, yang baru kali pertamanya menginjak dataran kota santri ...

Iyah !!! mungkin aku hanya satu dari sekian santri yang bernasib sama sepertiku ...
Tapi ku coba luruskan pandangan kalian tentangku ,, tentang kami yang sebutir pasir pun ,, masih pantas dikatakan rendah ... ... !!! benar dan itu tidak salah ... ...

AKU MALAS MENGAJI, BEGITU KATANYA !!!
Ku coba fahami kalimat itu ,,, dan sering terdengar ... ... dan bahkan sesekali aku malah malu dihadapan guru-guru dan Kyai ketika bertemu ...
Cemburu rasanya ,,, kalian yang berilmu ,, sering tersapa oleh guru-guru dan Kyai ...
Bahkan faktanya ,, ketika mengaji pun yang tertunjuk hanyalah mereka yang bisa membacanya ... dan jarang sesekali yang tertunjuk adalah yang tidak bisa membacanya ...

Mungkin untuk ku ,, perlakuan itu bisa sangat membuatku cemburu ...
ANDAI,,ANDAI,,dan ANDAI AKU BISA MEMBACA KITAB DAN MENGARTIKANNYA !!! !!! !!!
Itu yang mengeroyoki pikiranku setiap kalinya aku mengaji bersama kalian ...
Aku menangis sebenarnya ... dan perih batinku menerima kenyataan bahwa aku tidak bisa seperti kalian ...

Dan sekarang ,,, pilihanku adalah aku memang harus memikirkan matang tentang keinginanku bisa mengaji seperti kalian ...
Aku ingin bisa meneruskan garis keturunanku yang hampir semua anjeungan ,, termasuk Pa Kyai yang masih sedarah dalam silsilah garis keturunanku ...
Mungkin ,, semester ini akan menjadi pilihan terberat bagiku ...
Aku ingin pindah ke dataran kota santri tradisional, PONDOK PESANTREN Al-Mardiyatul Islamiyah milik almarhum KH.Abdul Jalil (Uyutku) di Cibagbagan, Cileunyi ... H. Bisrin (kakek ku) dan KH. Abdul Qodir (mamangku) ,,, semua sudah almarhum ,, dan disinilah ,, tangisan terberat yang selalu ku rasakan karena harapanku adalah aku begitu ingin diajarkan langsung oleh mereka ,, tapi ternyata jalan Allah berbeda ,,, sesekalinya pun di umurku yg berkepala 2 ini ,, sudah tak bisa mempertemukan aku dengan mereka lagi ...

Al-Ihsan ,,, yah ,,, inilah pesantren tempat sekarang aku bersinggah ... Dan sering sesekalinya aku mengeluh dengan metode pengajaran disini ,, ,,, inilah ,,, itulah !!! dan aku bener-bener tidak mengerti ... yah meskipun alhamdulillah sedikit mulai ku fahami ... ...

Ini kisahku disini ,,, dan Al-Ihsan yang mungkin akan terasa berat ku tinggalkan nanti jika jadi ... ... karena pikiranku yang ingin membuktikan ke Pak Kyai ,, bahwa kelak ,, insya Allah aku bisa mengaji meskipun latar belakangku adalah bukan lulusan pesantren yang punya dasar-dasar ilmunya untuk mengaji !!! !!!

Kini kalian tau dan ku harap tidak akan kalian sebut lagi untuk kami yang jarang mengaji terkecuali jika kalian sudah menanyakan “ada sebab apakah yang membuat kami jarang mengaji” ???

AKU MALAS MENGAJI, BEGITU KATANYA ... !!!

0 komentar: